Pisang Gapit

Pisang Gapit Kebun Sayur

Pisang gapit ini sebenarnya dapat ditemui di sudut-sudut kota di balikpapan. Namun, biasanya sudah tak orisinil alias sudah dicampur dengan bumbu-bumbu western macam coklat dan keju.

Berdasarkan rekomendasi dari teman saya yang ada disini, saya pun mengunjungi warung penjual pisang gapit yang letaknya di seberang pasar inpres kebun sayur balikpapan. tepatnya bersebelahan dengan toserba “Giant”.

Pisang yang diramu dengan saus gula merah serta campuran nangka ini memang sedap dan khas dari balikpapan. Pisang yang digunakan pun tidak asal dicampur begitu saja tapi diolah terlebih dahulu dengan bantuan penggepruk kayu dan dibakar setengah matang. Saus gula merah yang dipakai sangat kental sehingga meninggalkan rasa manis yang lama di lidah serta tentunya dengan aroma nangka penambah selera.

Pisang gapit ini merupakan kudapan khas Kalimantan Timur, merupakan makanan ringan terbuat dari pisang. Penasaran kan… nih saya kasih tau bocoran  resepnya

Bahan- Bahan :
1.  4 buah pisang kepok ukuran besar
2.  Kuah: 150 gr gula merah
3.  150 ml santan kental
4.  300 ml air
5. 1 lembar daun pandan
6.  Seujung sdt garam
7. 4 buah nangka (potong kotak kecil)
8. 1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air untuk pengental

Cara membuat:
1. Bakar/panggang pisang hingga gosong kedua sisinya lalu gepengkan/jepit dan bakar lagi hingga matang merata.
2. Kuah: masak gula merah, daun pandan, garam dan air sampai mendidih. Masukkan santan lalu aduk2 kemudia masukkan larutan maizena. Terakhir masukkan irisan nangka.
3. Potong- potong pisang sesuai selera  lalu siram dengan kuah santannya. Sajikan selagi panas.


Selamat mencoba dan nikmati sensasi pisang gapit ini…. 

0 Response to "Pisang Gapit"

Post a Comment